PBB Mendesak Turki Untuk Memastikan Hak Atas Kudeta Yang Gagal

optimnews
Sekjen PBB telah mendesak pemerintah Turki untuk menjamin ketertiban konstitusional dan menghormati hak asasi manusia, setelah pada 15 Juli upaya kudeta yang gagal dan menarik perhatian dari masyarakat internasional.

PBB Mendesak Turki Untuk Memastikan Hak-Hak Kudeta Yang Gagal


Dalam sebuah pernyataan pada tanggal 21 Juli, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan ia telah menerima jaminan dari para pejabat senior pemerintah Turki bahwa mereka akan mematuhi aturan hukum dan proses hukum saat menyelidiki kasus yang menimpa turki yaitu pemberontakan kudeta pada tanggal 15 juli lalu.

Ban mengatakan ia berharap bahwa prosedur dibawah keadaan darurat akan dilakukan dalam transparansi penuh. Uni Eropa menyatakan "keprihatinannya" pada tanggal 21 Juli atas keputusan Turki untuk memberlakukan keadaan darurat atau menghukum mati terhadap upaya kudeta yang gagal, Uni Eropa mendesak negara itu untuk menghormati hak asasi manusia.

Sementara itu, sekutu Kanselir Jerman Angela Merkel pada 22 Juli mendesak Uni Eropa untuk menangguhkan perundingan aksesi dengan Turki selama kabar hukuman mati yang diluncurkan oleh pemerintah Turki terhadap tersangka komplotan kudeta yang gagal pekan lalu.

Baca Juga :
Protes Anti Kudeta, Bendera Turki Laku Keras
Pilot Turki Jatuhkan Jet Su-24 Milik Rusia


PBB Mendesak Turki Untuk Memastikan Hak Atas Kudeta Yang Gagal PBB Mendesak Turki Untuk Memastikan Hak Atas Kudeta Yang Gagal Reviewed by Firman Hakim on 6:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.