Turki Sangat Mengharapkan Ekstradisi Gulen Dari US

optimnews
Menteri luar negeri Turki FM Cavusoglu telah menegaskan kembali seruannya Ankara pada otoritas AS untuk mengekstradisi berbasis Pennsylvania sarjana Islam Fethullah Gulen, dituduh mendalangi kudeta yang mematikan pada 15 Juli, mengatakan keputusan Washington mungkin membentuk hubungan bilateral di masa depan.

Turki Sangat Mengharapkan Ekstradisi Gulen Dari US


"Kegiatan Gulen ini telah membahayakan stabilitas dan ketertiban konstitusional NATO sekutu Turki," tulis Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Al Jazeera pada 26 Juli, menambahkan ekstradisi Gulen adalah "harapan terkuat rakyat Turki dari AS"

Turki menuduh Gulen, yang pernah menjadi sekutu dekat dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) sampai saat ini, dari infiltrasi lembaga publik dan menciptakan sebuah "negara paralel" dengan tujuan menjatuhkan pemerintah terpilih secara demokratis di negara itu. Gulen telah berada di AS sejak tahun 1999.

Menggarisbawahi bahwa Gulen terus membiayai operasinya dengan menjalankan sekolah piagam di seluruh Amerika Serikat, dengan tidak di Ekstradisinya Gulen ke turki bisa-bisa hubungan antara Washington dan Ankara terganggu dengan hal tersebut.

"Posisi AS sekarang menghadapkan pada masalah penting, ini dapat membentuk hubungan masa depan dua sekutu kunci," katanya. "Setiap dukungan yang diberikan kepada Gulen dan organisasi teroris nya tidak sesuai dengan semangat kerjasama antara Turki dan AS"

Baca Juga :
PBB Mendesak Turki Untuk Memastikan Hak Atas Kudeta Yang Gagal
Presiden Turki Erdogan Ingin Mengunjungi Rusia Pada 9 Agustus Mendatang

Turki Sangat Mengharapkan Ekstradisi Gulen Dari US Turki Sangat Mengharapkan Ekstradisi Gulen Dari US Reviewed by Firman Hakim on 10:26 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.